MEMBUAT DAN MEMODIFIKASI TABLE SERTA MENGGUNAKAN RUMUS SEDERHANA DI MS WORD

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 
Berikut langkah-langkahnya:
1. Buka aplikasi Microsoft Word.
2. Klik menu INSERT
3. Lalu klik TABLE ~> INSERT TABLE

4. Kemudian akan muncul gambar seperti di bawah ini.
    Number of column = jumlah kolom yang kamu inginkan
    Number of rows = jumlah baris yang kamu inginkan 
     Kemudian klik Ok


5. Ini lah hasil dari pembuatan tabel tersebut


Cara Mengedit Tabel
  Berikut langkah-langkahnya:
1.Siapkan tabel yang ingin kita gunakan
2. Blok pada kolom dan baris yang ingin kita gabungkan, misalnya pada kolom dan baris seperti gambar dibawah ini :


3.Setelah di blok, kemudian klik menu layout, dan ada pilihan merge cells
4. Maka hasilnya akan seperti ini :


Langkah di atas untuk menggabungkan 2 baris menjadi satu, untuk menggabungkan kolom pun sama. Kamu tinggal mengeblok nya dan pilih menu merge cells seperti contoh di atas.

Cara Menggunakan Rumus Sederhana
Berikut langkah-langkahnya:

Misalnya kita akan melakukan penjumlahan.
Klik sel pada tabel yang ingin ditempatkan hasil penjumlahan. Contoh di sini pada sel C2 atau di A4 (lihat gambar).
Bila menggunakan:
Word 2003: pada menu Table, klik Formula.
Word 2007/2010/2013: pada Table Tools, Layout tab, Data group, klik Formula.
Microsoft Word akan memberikan formula:
=SUM(ABOVE) bila sel yang dipilih berada di bawah kolom angka.
=SUM(LEFT) bila sel yang dipilih berada di sebelah kanan baris angka.

Untuk mengatur format angka, pada Number Format, bila bentuk format yang diinginkan.
Tekan OK, bila sudah selesai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini