MEMBUAT DAN MEMODIFIKASI TABLE SERTA MENGGUNAKAN RUMUS SEDERHANA DI MS WORD
Cara Membuat Tabel di Microsoft Word
Berikut langkah-langkahnya:
1. Buka aplikasi Microsoft Word.
2. Klik menu INSERT
3. Lalu klik TABLE ~> INSERT TABLE
4. Kemudian akan muncul gambar seperti di bawah ini.
Number of column = jumlah kolom yang kamu inginkan
Number of rows = jumlah baris yang kamu inginkan
Kemudian klik Ok
5. Ini lah hasil dari pembuatan tabel tersebut
Cara Mengedit Tabel
Berikut langkah-langkahnya:
1.Siapkan tabel yang ingin kita gunakan
2. Blok pada kolom dan baris yang ingin kita gabungkan, misalnya pada kolom dan baris seperti gambar dibawah ini :

3.Setelah di blok, kemudian klik menu layout, dan ada pilihan merge cells
4. Maka hasilnya akan seperti ini :

Langkah di atas untuk menggabungkan 2 baris menjadi satu, untuk menggabungkan kolom pun sama. Kamu tinggal mengeblok nya dan pilih menu merge cells seperti contoh di atas.
Cara Menggunakan Rumus Sederhana
Berikut langkah-langkahnya:

Misalnya kita akan melakukan penjumlahan.
Klik sel pada tabel yang ingin ditempatkan hasil penjumlahan. Contoh di sini pada sel C2 atau di A4 (lihat gambar).
Bila menggunakan:
Word 2003: pada menu Table, klik Formula.
Word 2007/2010/2013: pada Table Tools, Layout tab, Data group, klik Formula.
Microsoft Word akan memberikan formula:
=SUM(ABOVE) bila sel yang dipilih berada di bawah kolom angka.
=SUM(LEFT) bila sel yang dipilih berada di sebelah kanan baris angka.

Untuk mengatur format angka, pada Number Format, bila bentuk format yang diinginkan.
Tekan OK, bila sudah selesai.
Komentar
Posting Komentar